Thursday, June 4, 2015

Resep Ayam Woku a la Ani

resep ayam rica-rica yang enak dan mudah dibuat

Teman kantor saya, Ani, memiliki Ibu yang jago masak. Masakan sederhana pun bisa terasa istimewa di tangan beliau. Salah dua racikannya yang sedap dan pernah saya hadirkan di JTT adalah Bolhar. Hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi ini terasa segar, sedikit asam dan sangat pas disantap kala masih panas mengebul. Resepnya bisa anda lihat pada link disini. Makanan lainnya adalah tumis tempe gembus dengan leunca yang mampu membuat 'siapapun' yang menyantapnya berulangkali menambahkan nasi panas di piring. Ciri khas masakan beliau adalah bumbu yang 'medhok', takaran gula dan garam yang sangat pas dan rasa super pedas. Hm, saya suka itu!

Nah minggu lalu tiba-tiba Ani menunjukkan foto ayam woku yang dibuat oleh Ibunya ketika di rumah beliau sedang ada acara keluarga, beserta embel-embel berbau promosi, "Ayam rica-rica emak gue paling enak dah"! (ayam rica-rica yang dimaksud Ani sebenarnya adalah ayam woku belanga dari Manado ). Potongan ayam dalam gelimangan bumbu, irisan daun rempah, cabai dan tomat itu memang terlihat sangat menggoda, membuat saya langsung mengajukan request, "Bagi resepnya dong"! Sebenarnya saya pernah membuat ayam rica-rica sebelumnya dan rasanya pun sedap, namun jika ada resep lainnya yang nendang siapa yang bisa menolak bukan? Nah berbekal email berisi resep di tangan, weekend kemarin saya pun mengeksekusi ayam woku yang rasanya memang sangat laziz! ^_^

Update artikal: ayam rica-rica yang dimaksud Ani sebenarnya adalah ayam woku belanga dari Manado. Saya melakukan update judul resep diatas dari ayam rica-rica menjadi ayam woku setelah mendapatkan koreksi seorang pembaca. Mohon maaf atas informasi yang salah sebelumnya. 

daun kunyit untuk memasak ayam woku

Klik untuk baca selanjutnya...

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home