Tuesday, September 8, 2015

Resep Bolu Rampah Khas Makassar

Resep Bolu Rampah Khas Makassar JTT

Resep simple dan cara super mudah bukan berarti menjamin kesuksesan ketika dicoba. Contohnya adalah resep bolu rampah yang dikirimkan oleh seorang pembaca JTT, Ibu Sumarni Sulaeman. Bermula dari keluhan beliau yang berkali-kali gagal membuat bolu rampah dari resep yang biasa digunakan oleh Ibunya, kalimatnya saya cuplik berikut ini, "Mba tolong dong tipsnya kenapa ya setiap saya bikin bolu rampah (khas Makassar), selalu gagal. Awalnya mengembang baik terus langsung kempes tengahnya, kira-kira yang salah apa ya"? Kalimat ini diikuti dengan gambar bolu berwarna coklat gelap yang tempak kempis dan turun di bagian tengahnya. 

Terus terang baru kali ini saya mendengar mengenai bolu rampah khas Makassar, walau sepertinya saya pernah menyantap bolu berempah sejenis yang banyak dijual di toko kue Manado di ITC Mall Ambassador. Penasaran dengan si bolu, saya pun lantas meminta resepnya agar mendapatkan gambaran mengenai bahan-bahannya. Resep keluarga Ibu Sumarni sebagaimana resep tempo dulu lainnya umumnya menggunakan gelas sebagai alat ukur, namun beliau mengatakan gelas bertangkai yang menjadi alat ukur tersebut memiliki volume 200 ml. Bahan-bahan lainnya mudah ditemukan dan semua ada di dapur rumah Pete, jadi ketika pulang kerja pada hari Senin lalu saya langsung mengeksekusinya. Hasilnya bantat dengan sukses! ^_^

Klik untuk baca selanjutnya...

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home