Monday, April 27, 2015

Homemade Tortilla - Lembut, Empuk dan Mudah Digulung


Membuat tortilla wrap atau kulit tortilla seperti ini bukan hal baru bagi saya, namun beberapa kali mencobanya dari aneka resep tortilla yang bersliweran di internet hasilnya kurang memuaskan. Terakhir kali saya membuatnya dengan tepung gandum utuh, walaupun berhasil digunakan untuk menggulung tumisan daging cincang dan saus salsa namun lembaran roti yang kurang lebar dan kurang luwes ketika ditekuk membuatnya sulit untuk menampung isi yang banyak. Obsesi saya akan tortilla yang lemas, empuk, dan mudah digulung tanpa membuatnya menjadi sobek tentu saja tidak pernah berakhir, namun hendak mencobanya sekali lagi saya masih berpikir ulang tiga kali. 

Membuat tortilla walau mudah namun cukup mengeluarkan tenaga terutama di bagian menggiling adonan hingga tipis. Akan mengesalkan sekali rasanya ketika semua jerih payah itu sudah dilakukan hasilnya adalah tortilla super keras yang tidak bisa digunakan. Karena itu untuk sementara saya pun melupakannya hingga akhirnya tertarik dengan aneka makanan Meksiko yang memang rasanya terkenal yummy. Salah satunya adalah enchiladas. Makanan ini terbuat dari tortilla yang telah diisi dengan suwiran daging ayam atau daging sapi berbumbu, digulung dan ditata di sebuah loyang kemudian disiram dengan saus keju dan dipanggang. Demi si enchiladas saya pun lantas bereksperimen kembali membuat tortilla dan kali ini hasilnya super duper mantap. ^_^


Klik untuk baca selanjutnya...

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home