Thursday, June 11, 2015

Resep Tumis Cumi- Cumi Asam Pedas


Satu hal yang membuat saya agak malas mengolah cumi-cumi adalah bau amisnya yang susah sekali hilang. Cumi-cumi termasuk seafood yang memiliki bau dan rasa khas yang terkadang memang membuat perut menjadi eneg kala menyantapnya. Banyak pembaca JTT yang bertanya ke saya bagaimana tips paling jitu mengolah cumi-cumi agar bau amisnya lenyap dan biasanya saran saya hanyalah gunakan cumi-cumi dengan kondisi yang masih segar serta selalu kucuri dengan air jeruk nipis. Selama ini saya mengira cara ini cukup mampu mengurangi bau yang mengganggu namun terus terang memang tidak ampuh menumpasnya secara total. 

Beberapa minggu yang lalu seusai membeli sekilo cumi-cumi di pasar dalam rangka membuat burger hitam yang resepnya telah saya posting sebelumnya. Anda bisa klik link resep dan prosesnya disini. Sisa cumi-cumi yang masih banyak membuat saya pun lantas mengolahnya menjadi lauk hari itu. Menurut saya tidak ada cara yang lebih sedap dalam memasak cumi-cumi kecuali dengan menumisnya bersama banyak bumbu, banyak cabai rawit yang super pedas dan tentu saja sedikit asam. Nah kali ini saya tidak menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis yang menganggu, melainkan saya merendamnya di dalam air asam jawa dan garam. Hasilnya adalah cumi-cumi yang bebas bau amis. Mantap! ^_^

resep tumis cumi-cumi bumbu pedas

resep tumis cumi-cumi bumbu pedas
Asam jawa


Klik untuk baca selanjutnya...

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home